Sistem diatas berhubungan dengan reward atau komisi yang nantinya akan kita
dapatkan, jadi bagi yang ingin blognya menghasilkan uang, nah pilih sistem afiliasi
mana yang tepat untuk blog anda.
CPC (Cost per Click)
Sistem yang satu ini menurut saya paling sederhana, dimana kita mendapat
bayaran dari setiap klik iklan yang dilakukan pengunjung blog. Iklan berjenis
ini umumnya memiliki bayaran yang cenderung rendah, namun bagi blog yang
memiliki traffic yang tinggi sangat sesuai dengan sistem afiliasi ini.
CPM (Cost per Miles)
Sekali lagi, blog dengan pengunjung yang tinggi memiliki banyak keuntungan
dan menjadi salah satu sumber pemasukan untuk iklan berjenis ini. Nah sistem reward
iklan ini lebih mudah lagi, tanpa perlu klik iklan. Jadi CPM atau Cost per
miles adalah bayaran setiap 1000 view atau tampilan pada blog anda.
- Kualitas blog
- Ukuran iklan
- Penempatan
CPA (Cost per Action)
Iklan jenis ini paling saya sukai karena reward yang diberikan cukup besar,
dimana reward dihitung berdasarkan action yang terjadi. Action disini dapat
berupa registrasi, survey, polling, dll. Jadi walaupun pengunjung melakukan
klik tapi tidak ada action, maka pemilik blog tidak akan mendapatkan bayaran,
tapi jika terjadi action yang valid maka bayaran yang diterima pun cukup
memuaskan.
CPA yang memberikan reward atas transaksi penjualan biasa disebut CPS atau
Cost per Sale. CPL atau Cost per Lead juga sering dikategorikan sebagai CPA, untuk
sistem CPL biasanya pengunjung diminta memasukkan email, mendownload program
dll sesuai kesepakatan advertiser.
Untuk blog yang masih kurang pengunjung, pemilik blog akan antusias
memperhatikan konten, karena jika hanya memasang banner saja kurang maksimal. Iklan
yang kita pasang lebih berpeluang untuk mendapatkan action dari pembaca jika
dilengkapi artikel atau review produk yang kita iklankan tersebut.
Istilahnya win-win solution, dimana kualitas dari blog akan meningkat
dengan optimasi artikel yang akan berimbas pada meningkatnya traffic, serta
mendapatkan reward dari setiap action yang terjadi. Jadi, meskipun pengunjung
tidak mengklik iklan dan melakukan registrasi misalnya, maka keuntungan yang
kita dapatkan adalah dari konten yang berhasil mendatangkan pengunjung.
Bagi pemilik blog atau website yang tertarik menjalankan sistem iklan CPA, CPC, atau CPM bisa
mendapatkan campaign dari jaringan periklanan yang sudah sangat banyak beredar
di dunia maya. Salah satu yang menjadi favorit adalah ACCESS TRADE
dan blog yang saya ikutkan adalah Desktop Online. Saya menjadi
publisher di AT sudah 2 tahun lebih dan sudah menikmati hasilnya,
walaupun reward kadang turun naik, tapi menurut saya itu imbas dari usaha yang
juga kadang turun naik.
Tapi kadang aku sebel loh sama web yg banyak iklannya. Mungkin bagi si pemilik blog ini menguntungkan tp bagi pengunjung, nyenggol dikit bisa masuk ke web lain dan ini ngeselin bngt
ReplyDeleteiya mbak, sy juga gak suka web yg terlalu banyak iklannya, sentuh scroll aja muncul iklan, banyakan Pop Ads selain ganggu jg nyedot quota..hehe
DeleteDan saya baru tahu istilah-istilah iklan yang ada di blog. Makasih infonya, Mbak :)
ReplyDeleteIya mbak sama-sama, terima kasih sdh berkunjung
Deleteapa bedanya program diatas dengan PPC ya ?
ReplyDeletesaya sedikit bingung
Klo PPC, qt sendiri yg mengklik iklan dan dibayar, klo di Indonesia yg paling populer KLIKAJADEH, klo situs luar seperti paidverts, clixsence, dll
ReplyDeleteSelagi relatif adsense, it ok��
ReplyDelete