CPA, CPC atau CPM, Manakah yang Lebih Baik?


Bagi para blogger atau marketer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah afiliasi dan beberapa sistemnya seperti CPA,CPC, atau CPM. Tapi nggak ada salahnya kan saya review sedikit tentang keluarga C ini, kali aja ada yang belum tahu, masih bingung atau bertanya manakah yang lebih baik untuk blognya. Saya membahas sistem ini dari sudut pandang publisher ya temans.

Sistem diatas berhubungan dengan reward atau komisi yang nantinya akan kita dapatkan, jadi bagi yang ingin blognya menghasilkan uang, nah pilih sistem afiliasi mana yang tepat untuk blog anda.


CPA, CPC atau CPM, adalah


CPC (Cost per Click)

Sistem yang satu ini menurut saya paling sederhana, dimana kita mendapat bayaran dari setiap klik iklan yang dilakukan pengunjung blog. Iklan berjenis ini umumnya memiliki bayaran yang cenderung rendah, namun bagi blog yang memiliki traffic yang tinggi sangat sesuai dengan sistem afiliasi ini. 

Bagi blog yang masih sedikit pengunjung saya menyarankan nanti dulu memasang iklan sistem CPC, seperti blog baru saya ini adeputriar.com. Alasannya menurut saya boros “space”, apalagi jika penempatannya tidak optimal. 

Namun jika tetap ingin memasang iklan CPC boleh saja apalagi dengan memanfaatkan Facebook Ads. Bukannya berbayar?? Iya berbayar, makanya hitungannya harus detail, heheh…tapi bisa saja rugi loh, karena disini kita berbicara peluang. Insyallah akan saya bahas di artikel selanjutnya.

CPM (Cost per Miles)

Sekali lagi, blog dengan pengunjung yang tinggi memiliki banyak keuntungan dan menjadi salah satu sumber pemasukan untuk iklan berjenis ini. Nah sistem reward iklan ini lebih mudah lagi, tanpa perlu klik iklan. Jadi CPM atau Cost per miles adalah bayaran setiap 1000 view atau tampilan pada blog anda. 

Nilai yang ditawarkan mulai dari $0,1 - $30 bahkan bisa lebih. Patokan nilai reward untuk iklan CPM ada tiga yaitu :
  • Kualitas blog
  • Ukuran iklan
  • Penempatan
Blogger yang memiliki traffic tinggi sering mendapat tawaran iklan CPM dari advertiser yang nilainya ditentukan sendiri oleh pemilik blog atau mengambil iklan dari jaringan periklanan yang nilainya sudah ditetapkan oleh advertiser.

CPA (Cost per Action)

Iklan jenis ini paling saya sukai karena reward yang diberikan cukup besar, dimana reward dihitung berdasarkan action yang terjadi. Action disini dapat berupa registrasi, survey, polling, dll. Jadi walaupun pengunjung melakukan klik tapi tidak ada action, maka pemilik blog tidak akan mendapatkan bayaran, tapi jika terjadi action yang valid maka bayaran yang diterima pun cukup memuaskan.

CPA yang memberikan reward atas transaksi penjualan biasa disebut CPS atau Cost per Sale. CPL atau Cost per Lead juga sering dikategorikan sebagai CPA, untuk sistem CPL biasanya pengunjung diminta memasukkan email, mendownload program dll sesuai kesepakatan advertiser.

Untuk blog yang masih kurang pengunjung, pemilik blog akan antusias memperhatikan konten, karena jika hanya memasang banner saja kurang maksimal. Iklan yang kita pasang lebih berpeluang untuk mendapatkan action dari pembaca jika dilengkapi artikel atau review produk yang kita iklankan tersebut.

Istilahnya win-win solution, dimana kualitas dari blog akan meningkat dengan optimasi artikel yang akan berimbas pada meningkatnya traffic, serta mendapatkan reward dari setiap action yang terjadi. Jadi, meskipun pengunjung tidak mengklik iklan dan melakukan registrasi misalnya, maka keuntungan yang kita dapatkan adalah dari konten yang berhasil mendatangkan pengunjung.

Bagi pemilik blog atau website yang tertarik menjalankan sistem iklan CPA, CPC, atau CPM bisa mendapatkan campaign dari jaringan periklanan yang sudah sangat banyak beredar di dunia maya. Salah satu yang menjadi favorit adalah ACCESS TRADECPA, CPC, CPM, manakah yang lebih baik dan blog yang saya ikutkan adalah Desktop Online. Saya menjadi publisher di AT sudah 2 tahun lebih dan sudah menikmati hasilnya, walaupun reward kadang turun naik, tapi menurut saya itu imbas dari usaha yang juga kadang turun naik.

menghasilkan uang dari blog

Intinya menurut saya memasang iklan sistem apapun perlu menyesuaikan dengan kualitas blog kita terlebih dahulu. Apakah dinilai dari jumlah pengunjung, niche atau alasan lain yang dianggap penting. Jadi CPA, CPC atau CPM, Manakah yang Lebih Baik? anda yang memberikan penilaian.

7 comments:

  1. Tapi kadang aku sebel loh sama web yg banyak iklannya. Mungkin bagi si pemilik blog ini menguntungkan tp bagi pengunjung, nyenggol dikit bisa masuk ke web lain dan ini ngeselin bngt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sy juga gak suka web yg terlalu banyak iklannya, sentuh scroll aja muncul iklan, banyakan Pop Ads selain ganggu jg nyedot quota..hehe

      Delete
  2. Dan saya baru tahu istilah-istilah iklan yang ada di blog. Makasih infonya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama-sama, terima kasih sdh berkunjung

      Delete
  3. apa bedanya program diatas dengan PPC ya ?
    saya sedikit bingung

    ReplyDelete
  4. Klo PPC, qt sendiri yg mengklik iklan dan dibayar, klo di Indonesia yg paling populer KLIKAJADEH, klo situs luar seperti paidverts, clixsence, dll

    ReplyDelete
  5. Selagi relatif adsense, it ok��

    ReplyDelete